STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Komponen | Kelas, Semester dan Alokasi Waktu | |||||
VII | VIII | IX | ||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | |
A. Mata Pelajaran | | | | | | |
1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. Matematika | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 | 4+1 |
8. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal Pilihan Muatan Lokal : 1. Kerajinan Tangan 2. Pendidikan Teknologi Dasar 3. Pembukuan Sederhana | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri | 2* | 2* | 2* | 2* | 2* | 2* |
Jumlah | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran Wajib :
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan Kewarganegaraan
c. Bahasa Indonesia
d. Bahasa Inggris
e. Matematika
f. Ilmu Pengetahuan Alam
g. Ilmu Pengetahuan Sosial
h. Seni Budaya
i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
j. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Muatan Lokal
Untuk mengembangkan kompetensi yang sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah , SMP Negeri 10 Tarakan Kalimantan Timur menetapkan 3 kegiatan muatan lokal yaitu:
a. Kerajinan Tangan
b. Pendidikan Teknologi Dasar ( PTD )
c. Pembukuan Sederhana
Pengembangan Muatan Lokal diuraikan lebih terperinci dalam lampiran.
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yaitu ekstrakurikuler dan konseling.
Setiap siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler minimal satu kegiatan sesuai bakat dan minatnya.
Bimbingan konseling melayani semua yang berkenaan dengan masalah pribadi, kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karier. Untuk pengembangan diri penilaiannya dilakukan secara kualitatif.
Pembimbing kegiatan ini dilakukan oleh unsur guru, konselor, tenaga praktisi dari anggota masyarakat setempat. Secara rinci kegiatan tersebut sebagai berikut :
A. Kegiatan Ekstrakurikuler
1. Olah Raga( Sepak Bola, Volley, Atletik, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bulu Tangkis)
2. Olimpiade Sains (Matematika, Fisika)
3. Kelompok Karya Ilmiah dan Mading
4. Palang Merah Remaja (PMR)
5. Kesenian(Tari, Rebana, Musik, Suara)
6. Paskibra
B. Bimbingan Konseling
Pengembangan diri melalui bimbingan konseling berupa :
1. Layanan Orientasi
2. Layanan Informasi
3. Layanan Penempatan dan Penyaluran
4. Layanan Pembelajaran
5. Layanan bimbingan perorangan
6. Layanan bimbingan kelompok
7. Layanan konseling kelompok
8. Layanan konsultasi
9. Layanan Mediasi
JADWAL PENGEMBANGAN DIRI
SMP NEGERI 10 TARAKAN
TAHUN PEMBELAJARAN 2007/ 2008
HARI | JAM | KEGIATAN | PEMBINA |
Rabu | 12.40-13.20 | Olimpiade Matematika | Endah Sarastiningsih, S.Pd, |
Setiya widi Rahayu | |||
Olimpiade Fisika | Hasbullah,S.Si | ||
Mengarang | Suriati Sirait,S.Pd | ||
Kamis | 12.40-13.20 | KIR Sains | Joko Hartono,S.S |
KIR Sosial | Sri Widayanti,S.Pd | ||
Teknologi Komputer | Indo Ugi, S.Pd | ||
Jum‘at | 09.20-10.40 | Olah raga (B.Volly, Sepak Bola,Takraw, Tenis Meja,Bulu Tangkis, Atletik) | Rhedy Syarifudin,SE |
Daniel Tandimanapa,SE | |||
Jefri Loboran S.Pd , | |||
Ewit Dihasma Y, S.Pd , | |||
Erwanto | |||
Hakiman | |||
09.20-10.40 | Seni Suara | Hermin Inga SH | |
Seni Rebana | Hasnawati, S.Ag | ||
Seni Musik | Handoko Saputro | ||
Seni Tari | Basuki Rahmat | ||
14.00-15.00 | PMR | Wiji Lestari, S.Pd | |
Kholidatul Jazillah, A.Md | |||
Sabtu | 12.40-13.20 | Pramuka | Agus Sholeh, SE |
| Majalah Dinding | Martha Olanan, S.Sos |
4. Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan beban belajar diatur seperti berikut :
a. Beban belajar ditentukan berdasarkan sistem paket
b. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagai
mana tertera dalam struktur kurikulum. Setiap 1 jam tatap muka sama dengan 40 menit.
c. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
maksimal 50 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Penugasan tersebut diserahkan kepada tiap-tiap guru mata pelajaran setelah melakukan pemetaan dengan tetap mempertimbangkan tugas-tugas dari mata pelajaran lainnya.
d. Alokasi waktu untuk praktek, 2 jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka, 4 jam praktek diluar sekolah setara dengan 1 jam tatap muka.
Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk SMP Negeri 10 Tarakan
Satuan Pendidikan | Kelas | Satu jam pemb. tatap muka (menit) | Jumlah jam pemb. Per minggu | Minggu Efektif per tahun ajaran | Waktu pembelajaran per tahun | Jumlah jam per tahun (@60 menit) |
SMP NEGERI 10 TARAKAN | VII s.d. IX | 40 | 36 | 34 | 1.224 jam pembelajaran (48.960 menit) | 816 |
5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100 %. Adapun kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing mata pelajaran disekolah ini ditetapkan sebagai berikut :
No | Mata Pelajaran | Kelas | Keterangan | ||
VII | VIII | IX | |||
1 | Pendidikan Agama | 60 | 60 | 75 | Pengembangan diri dinilai secara kualitatif melalui kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh guru pembimbing |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 60 | 60 | 60 | |
3 | Bahasa dan Sastra Indonesia | 60 | 60 | 60 | |
4 | Bahasa Inggris | 60 | 60 | 60 | |
5 | Matematika | 60 | 60 | 60 | |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) | 60 | 60 | 60 | |
7 | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) | 60 | 60 | 60 | |
8 | Kesenian / Seni Budaya | 60 | 60 | 60 | |
9 | Pendidikan Jasmani | 62 | 62 | 62 | |
10 | Ketrampilan/TIK | 60 | 60 | 60 | |
11 | Muatan Lokal | 60 | 60 | 60 |
Penentuan KKM ini ditetapkan dengan pertimbangan sebagai berikut :
1. Intake siswa
2. Sumber daya pendukung
3. Kompleksitas indikator mata pelajaran
Penentuan KKM mata pelajaran di SMP Negeri 10 Tarakan diuraikan lebih terperinci dalam lampiran
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Kenaikan Kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh direktorat tekhnis SMP.
Ketentuan PP 19 / 2005 Pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
b. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
c. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok pendidikan agama dan akhlaq mulia, kelompok kewarga negaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
d. Lulus ujian sekolah / madrasah untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi
e. Lulus ujian nasional
Berdasarkan ketentuan tersebut, kriteria kenaikan kelas kelulusan di SMP Negeri 10 Tarakan diatur sebagai berikut :
a. Ketentuan kenaikan kelas dan tinggal kelas
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada kelas yang ditempuh
2. Memperoleh nilai minimal sesuai dengan ketentuan KKM pada mata pelajaran Agama dan PKn.
3. Memperoleh nilai di bawah KKM tidak melebihi 3 mata pelajaran .
4. Ketidakhadiran tanpa keterangan tidak melebihi 10 % dalam 1 tahun hari belajar.(24 hari )
5. Berprilaku baik
6. Siswa yang tidak memenuhi salah satu kriteria kenaikan kelas nomor (1) – (5) dinyatakan tinggal kelas.
7. Jika siswa mengulang di kelas yang sama, nilai siswa untuk semua indikator minimal ketuntasannya sama dengan KKM siswa sebelumnya.
b. Ketentuan Kelulusan
Kriteria kelulusan mengacu pada ketentuan nasional berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI
Kelulusan Ujian Nasional
Peserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan UN:
Kelulusan Ujian Sekolah
Peserta didik dinyatakan lulus ujian sekolah apabila memiliki rata-rata nilai minimum 6,00 dan nilai minimum setiap mata pelajaran Ujian Sekolah 5,50.